Menu Navigasi
· Beranda
ORGANIK HIJAU
· Organik Hijau
· Program
· Inovasi
· SQ dan EQ
· Petani Penggagas
INOVASI BUDIDAYA
· SIBUPA
· Bibit
· Pupuk Alami
· Pengendali Hayati
· Stress Tanaman
INFORMASI
· Artikel
· Kategori Berita
· Kontak
Artikel Terbaru
Belum tersedia artikel
Masuk
Nama Anggota

Kata Sandi



Bukan anggota kami?
Klik disini untuk register.

Lupa Kata Sandi saya?
meminta sandi disini.
Stress Tanaman

STRESS TANAMAN

Tanaman dengan daun berwarna hijau menyerap gelombang cahaya merah dan biru untuk memasak makanannya pada bilah-bilah daun (photosintesa) sekaligus menolak atau memantulkan gelombang cahaya hijau, disebabkan ini kita melihat pantulan daun dengan warna hijau. Dengan memanfaatkan kondisi inilah kita dapat mendeteksi stress tanaman, yaitu tanaman dapat diketahui kondisinya dengan melihat kemampuan daun dalam menyerap kedua gelombang (merah dan biru), seandainya kemampuan ini berkurang pada daun dengan indikasi nyata yang terlihat, maka kondisi daun diketahui mengalami stress, tingkat stress ini bergantung dari warna yang kita deteksi. Stress tanaman ini juga mengindikasikan kondisi bagian tanaman sedang merana dan dapat dilakukan pengamatan langsung pada tanaman mulai dari tanah, air dan tanaman sesuai wilayah area dengan perubahan warna pada daun yang terlihat setelah kita filter dahulu.

ALAT MELIHAT BAGIAN STRESS TANAMAN

Mata===>(lembaran filter merah + lembaran filter biru)================> objek daun tanaman

Alat ini dibuat sendiri dengan memanfaatkan lembaran plastik transparan merah dan biru yang dipadukan, untuk plastik lembaran bening transparan dengan warna merah atau biru (cari dengan warna paling tua transparan) anda dapat mencarinya pada toko penjilidan photocopy terdekat biasanya dijual sebagai cover jilid transparan, apabila anda beruntung anda dapat membelinya, apabila kurang beruntung sebaiknya anda cari toko photocopy lainnya (heheheheh...), kemudian paduan filter ini dapat dibentuk menjadi kacamata seperti kalau kita hendak menonton bioskop 3D, atau ditempelkan pada kacamata biasa dengan selotip sehingga berfungsi untuk mengamati tanaman menjadi mudah.

  1. Kondisi setelah melalui Filter merah dan biru (ungu) bagian daun tanaman terlihat gelap/coklat ini mengindikasikan tanaman sehat disebabkan hampir semua radiasi gelombang merah dan biru diserap oleh daun tanman, hanya hijau yang dipantulkan dan terlihat gelap pada filter ini
  2. Kondisi setelah melalui Filter merah dan biru (ungu) bagian daun terlihat terang kemerahan atau kebiruan, ini mengindikasikan bagian tanaman mengalami stress terhadap sesuatu yang harus kita lakukan pengamatan di area tersebut, ini disebabkan tidak semua gelombang merah dan biru mampu diserap oleh daun tanaman (dipantulkan) dengan kata lain kemampuan photosintesi yang terganggu berdampak langsung pada kesehatan tanaman.

 

 

602,027 unique visits theme rumput Oleh Ki Jantara